Skip to main content

Misleading dan kelebayan hidup dalam struktur komedi Nichijou

Bagaimana cara menjadikan praktek kehidupan sehari-hari, seperti menunggu hujan reda dan menyambangi kedai kopi baru, menjadi begitu dramatis dan menegangkan? Nichijou jawabannya.

Serial anime bergenre comedy-slice of life ini mengangkat kisah kehidupan tiga siswi SMA dengan segala tingkah lakunya. Namun tidak seperti slice of life yang menyajikan cerita datar a la kehidupan sehari-hari, Nichijou memasukkan unsur misleading dan kelebayan (overreacting) sebagai nilai komedi dalam serialnya.

Misleading dalam struktur komedi serupa seperti set-up dan punchline, intinya hal yang kalian antisipasi tidak terjadi dan kalian dialihkan ke kejadian lain. Sedangkan kelebayan dimaksimalkan oleh visual berlebihan yang diselipkan dalam suatu adegan.


Saya mengulas salah satu bit terlucu dalam serial anime bergenre comedy-slice of life Nichijou. Judul bit tersebut adalah “Yukko goes to a coffee shop”. Sederhana, Yukko datang ke sebuah kedai kopi baru lalu mencoba minuman di kedai kopi tersebut, namun siapa sangka, Yukko yang tidak mengerti istilah perkopian ditambah dengan sikap aneh kasir membuat cerita makin lucu. Kalian bisa melihat hal misleading apa yang menjadi punchline dalam bit ini.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog