Skip to main content

Andai Martin Scorsese Menyutradarai The Dark Knight

Sudah banyak yang menyanjung Christopher Nolan dalam The Dark Knight. Mulai dari kedalaman karakter Joker hingga buramnya kebaikan dan kejahatan diantara dia dan Batman memang sukses menjadi daya tarik, namun bagaimana jika The Dark Knight disutradarai oleh orang lain, misal Martin Scorsese?

Saya membayangkan The Dark Knight tidak dimulai dengan adegan perampokan bank, dimana setiap perampok terlihat satu-persatu mengelabui rekannya yang lain. Kali ini adegan The Dark Knight diawali dengan sekuens dramatis (bisa slow motion) Joker yang masuk kedalam ruangan, bertemu dengan para pemimpin mafia Gotham sambil diisi oleh narasi Joker yang bercerita soal chaos yang menjadi bagian dari kehidupannya.

Adegan awal itu terinspirasi dari karya Scorsese seperti The Departed dan Goodfellas. Scorsese adalah seorang yang character-centric, dia begitu terfokus kepada peran tokoh utama didalam film, menjadikannya sebagai pusat cerita, itu salah satu alasan kenapa Scorsese banyak memakai narasi tokoh utama didalam filmnya, seperti The Wolf of Wall Street.

Untuk The Dark Knight, Scorsese akan menjadikan Joker sebagai tokoh utama, mayoritas adegan pun akan diisi oleh narasi Joker, tentang bagaimana cara dia menciptakan kepanikan ditengah Gotham. Selain itu The Dark Knight juga harus menampilkan adegan “dead-air” atau adegan dimana semua tokoh didalam frame terdiam.

Saya terinspirasi dari adegan “Funny Guy” yang dilakukan Joe Pesci didalam Goodfellas, pertanyaan berulang-ulang Pesci kepada Ray Liotta membuat penonton tegang dan tidak nyaman, seketika terdiam mengikuti semua tokoh yang ada didalam frame. Jika dicocokkan dengan The Dark Knight, saya membayangkan bagaimana Joker melontarkan lelucon yang sama sekali tidak lucu, kepada para pengunjung pesta Wayne, berlanjut dengan “dead-air” karena Joker dan pengunjung sama-sama terdiam menunggu respon masing-masing.

Saya pikir ditangan Scorsese, The Dark Knight tidak akan lebih dark dari kepunyaan Nolan, malah The Dark Knight versi Scorsese mampu menawarkan sisi lain Joker yang lebih humanis, serta interaksinya dengan rekan-rekan komplotan yang lain adalah sebuah perspektif yang berbeda. Yang pasti saya tidak bisa menilai versi mana yang lebih baik, Nolan atau Scorsese.


PS: Tulisan ini awalnya merupakan tema yang penulis sarankan kepada Tuan Muda Hair, penulis merasa dia bisa menuliskan jauh lebih baik dibanding tulisan penulis diatas. Namun karena sampai saat ini belum ada tanda-tanda jika Tuan Muda Hair akan menulis, penulis memutuskan untuk menulisnya duluan karena.. tidak ada ide lagi. Salam, xoxo 

Comments

Popular posts from this blog